Selasa, 21 Juli 2020

Pembelahan Mitosis

Sistem Reproduksi pada Manusia

oleh : Suwarso


Makhluk hidup umurnya terbatas. Karena itu untuk mempertahankan kelestarian jenisnya sebelum makhluk hidup itu mati akan menghasilkan individu-individu baru yang memiliki sifat-sifat sama dengan makhluk sebelumnya yang dinamakan berkembang biak yang caranya antara makhluk yang satu dengan yang lain tidak sama sesuai dengan jenis dan tingkatan makhluk hidup itu sendiri. Demikian juga dengan manusia yang menghasilkan keturunan baru dengan cara beranak (vivivar). 

Manusia adalah salah satu jenis makhluk yang terdiri dari banyak sel (makhluk multiselluler) , dan ada makhluk yang tubuhnya hanya terdiri dari satu sel (makhluk uniselluler) contohnya bakteri yang juga nama lainnya  mikro organisme (makhluk berukuran kecil).  Tetapi awal kehidupan manusia dan makhluk multiselluler diawali dari satu sel yaitu zigot (hasil peleburan sel kelamin betina (sel telur/ovum) dengan sel kelamin jantan (sel sperma/spermatozooid). Karena itu, sebelum kita mempelajari sistem reproduksi manusia terlebih dahulu kita pelajari reproduksi sel atau pembelahan sel.

Pembelahan Sel

Pembelahan sel sangat penting bagi keberlangsungan hidup organisma. yaitu , untuk :
  1. Pertumbuhan makhluk hidup
  2. Perbaikan/mengganti sel-sel yang rusak atau mati
  3. Reproduksi atau berkembang biak
Pertumbuhan
Pertumbuhan adalah proses pertambahan volume tubuh dari kecil menjadi besar contohnya bayi yang ukuran tubuhnya kecil berkembang menjadi besar. hal ini disebabkan pertambahan jumlah sel dalam tubuhnya karena sel bereproduksi dengan cara membelah diri.

Perbaikan
umur sel pada tubuh kita terbatas, ada yang lama dan ada yang pendek. Sel darah merah dalam tubuh kita umurnya kurang lebih seratus dua puluh (120) hari. setiap hari tubuh kita akan membetuk sel darah merah yang baru untuk mengganti sel darah merah yang rusak atau mati. Demikian juga dengan kulit kita yang merupakan bagian tubuh yang paling rentan mengalami kerusakan karena pengaruh dari luar. ketika kulit kita terluka akan mengalami kerusakan atau mati. Penyembuhaan kulit dari luka adalah karena kulit atau bagian tubuh yang mati atau rusak digantikan dengan sel baru hasil pembelahan sel yang sudah ada sebelumnya.

Berkembang biak/reproduksi
untuk makhluk hidup bersel tunggal misalnya bakteri, ketika volume selnya mencapai ukuran maksimum akan mengalami pembelahan dari satu menjadi dua dan seterusnya dimana sel anak yang dihasilkan mewarisi genetik yang sama dengan induknya sehingga memiliki sifat yang sama dengan sel semula.

Pembentukan sel-sel baru atau anakan dari sel yang sudah ada sebelumnya dapat terjadi melalui proses pembelahan sel. Pembelahan sel dibedakan menjadi pembelahan mitosis dan meiosis.

Pembelahan mitosis 
Pembelahan mitosis terjadi pada sel-sel tubuh (sel somatik) makhluk hidup. Pada pembelahan ini, dihasilkan sel anak yang mempunyai kromosom yang jumlahnya sama dengan jumlah kromosom sel induk. Kromosom adalah materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat.

Pembelahan meiosis
Pembelahan secara meiosis hanya terjadi pada sel-sel kelamin. Pembelahan ini berfungsi untuk menghasilkan sel gamet (sel telur atau sel sperma). Melalui pembelahan ini akan dihasilkan sel anak yang mempunyai jumlah kromosom setengah dari jumlah kromosom sel induk.

Tahap pembelahan mitosis
Pembelahan mitosis merupakan tipe pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anakan yang mempunyai karakter identik secara genetik dengan sel induk. Artinya, kedua sel anakan yang terbentuk mempunyai susunan genetika yang sama dengan induknya, termasuk jumlah kromosom. Jika sel induk memiliki kromosom 2n (diploid), maka jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan juga 2n (diploid).

Pembelahan mitosis merupakan proses yang berkesinambungan yang terdiri atas empat fase pembelahan, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase. setiap tahap pembelahan mempunyai ciri-ciri seperti yang dijelaskan seperti gambar berikut.




Pada tahap akhir dari pembelahan mitosis yaitu fase telofase, umumnya selalu diikuti dengan pembelahan sitoplasma yang disebut dengan sitokinesis. Pada saat sitokinesis, terbentuk cincin pembelahan yang berfungsi membagi sitoplasma sehingga terbentuk dua sel anakan. untuk lebih jelasnya mengenai pembelahan silahkan perhatikan tautan video di sini.

Kecepatan pembelahan mitosis

 

Pembelahan sel secara mitosis disebut juga pembelahan biner, karena satu sel induk membelah menjadi dua, empat, delapan, enam belas, tigapuluh empat dan seterusnya sehingga secara matematis dirumuskan 2n (dua pangkat n). Sehingga dari satu sel induk pada pembelahan ke 4 menjadi 16 (enambelas) sel anak, yang kalau kita hitung secara matematis adalah :

 2n  = 24,

     = 2 x 2 x 2 x 2

     = 16

pertumbuhan embrio ayam dalam telur dari satu sel menjadi anak ayam yang menetas sempurna selama 21 hari dan perkembangan embrio manusia di dalam kandungan adalah contoh betapa cepatnya peristiwa pembelahan sel secara mitosis. Gambar berikut adalah keadaan embrio manusia berumur 63 hari (9 minggu) yang berkembang mulai dari satu sel.



Pandemi Covid 19


Saat ini kita semua bangsa Indonesia bahkan seluruh bangsa di dunia sedang merasakan wabah penyakit Corona atau Covid 19 yang penyebabnya adalah virus jenis corona yang merupakan organisme sederhana atau satu sel yang tentu saja perkembangbiakannya juga masih sederhana.

Virus akan berkembang biak sangat pesat ketika berada pada lingkungan yang sesuai. Bagian dalam tubuh kita adalah termasuk lingkungan yang sangat sesuai untuk kehidupan virus corona sehingga dapat bertahan hidup dan berkembang baik dan dapat menular ke orang lain melalui berbagai media yang sesuai. Karena tubuh memiliki daya tahanlah kita tidak menderita sakit karena kemungkinan virus yang yang menginfeksi (masuk) ke tubuh kita  sudah mati duluan sebelum sempat berkembang biak. Perilaku kebiasaan hidup sehat : memakai masker di tempat umum, cuci tangan pakai sabun di air mengalir minimal 20 detik, menjaga jarak  dan berolah raga adalah upaya pribadi untuk memperkecil tertular  dan menularkan virus penyebab penyakit  yang saat ini sedang mewabah. 

Semua ahli di seluruh dunia saat ini sedang berusaha untuk menemukan vaksin yang dapat menjadikan tubuh seseorang memiliki daya tahan atau daya tangkal terhadap infeksi virus ini sehingga kita tidak menderita penyakit ini. Akan tetapi sekalipun nanti vaksin terhadap virus ini sudah ditemukan kebiasaan hidup baru yang di istilahkan new normal itu harus tetap terpelihara dalam diri kita.

Harus kita sadari dan pahami bahwa virus adalah juga makhluk hidup yang dapat mengalami adaptasi dan mutasi agar keberadaannya di dunia ini tetap bisa eksis. sehingga secara alami penyebab penyakit ini tidak mungkin hilang. Sehingga yang bisa kita usahakan adalah menekan keberadaan virus ini dan memiliki daya tahan dan daya tangkal terhadap terhadapnya. 









2 komentar:

  1. Berikan masukan untuk tampilan atau yang lain agar materi yang lain bisa lebih baik ya para pembacs

    BalasHapus