Kamis, 06 Agustus 2020

Bayi Kembar

Bayi Kembar

oleh : Suwarso


Ilustrasi bayi kembar lima yang dilahirkan di RS Staten Island, AS. (Foto: NBC / NBC)

Bayi kembar adalah bayi yang berada di satu kandungan  ibunya dalam waktu yang bersamaan. Waktu kelahirannyapun biasanya juga berbeda waktu dalam hitungan menit atau jam saja. Dengan kemajuan teknologi kedokteran misalnya ultrasonografi (USG) yang juga dapat mendeteksi kandungan seorang ibu kembar atau tidak, maka kelahiran bayi kembar apalagi jika kondisi kehamilan dan kesehatan ibu yang mengandung yang tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal maka proses kelahirannya dengan operasi caesar.

 

Proses Terjadinya Bayi Kembar

Proses kehamilan yang normal di tubuh seorang perempuan biasanya hanya ada satu janin (embrio). Jadi jika suatu kehamilan ada lebih dari satu dikatakan kehamilan kembar. Berdasarkan proses pembuahannya kembar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu : kembar identik dan kembar tak identik.

Kembar identik adalah kembar yang berasal dari satu sel telur yang dibuahi oleh sel sperma kemudian pada masa perkembangan embrio awal membelah menjadi dua embrio/janin. Karena itu jenis kelaminnya pasti sama yaitu perempuan semua atau laki-laki semua. Demikian juga dengan sifat-sifat atau ciri-ciri bayi kembar identik sangat mirip atau sama. Biasanya kalau pada kembar dua sidik jarinya saling berkebalikan. Sidik jari kanan yang satu sama dengan sidik kiri kembarannya.

Kembar tak identik adalah kembar yang berasal dari dua sel telur yang masing-masing dibuahi oleh sel sperma sehingga berkembang menjadi embrio atau janin. Pada kejadian normal kedua indung telur (ovarium) yang dimiliki seorang perempuan menghasilkan sel telur yang siap dibuahi sel sperma secara bergantian dan setelah terjadi kehamilan kedua ovariumnya tidak lagi menghasilkan sel telur yang masak (siap dibuahi). Akan tetapi pada kejadian yang tidak biasa kedua ovarium masing-masing dapat menghasilkan sel telur atau pada kehamilan masih dihasilkan sel telur sehungga keduanya dibuahi dan berkembang menjadi embrio/janin. karena itu jenis kelamin pada bayi kembar tak identik bisa laki dan perempuan. Kalaupun perempuan atau laki semua mempunyai ciri-ciri yang berbeda.

 

Kembar Siam.




Kembar siam adalah keadaan anak kembar yang tubuh keduanya bersatu. Hal ini terjadi apabila zigot dari bayi kembar identik gagal terpisah secara sempurna. Istilah kembar siam berawal dari pasangan kembar siam terkenal Chang dan Eng Bunker 1811-1874 yang lahir di Siam sekarang Thailand.


Pristian Yuliana dan Pristian Yuliani

 


Pristian Yuliana dan Pristian Yuliani adalah bayi kembar siam fenomenal di Indonesia. Karena kembar siam dempet bagian kepala (saraf) tersebut dapat dilakukan operasi pemisahan dengan baik oleh tim dokter ahli bedah saraf Indonesia yang dipimpin Prof Dr Raden Mas Padmosantjojo. Keduanya sekarang sudah dewasa dan berprestasi dibidangnya masing-masing. Kisahnya dapat baca di sini, atau di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar